Cara Membuat Google Code Untuk Keperluan Kode-Kode Javascript

Selamat siang sahabatku semua, semoga anda masih sehat-sehat selalu karena kesehatan adalah harga yang mahal buat kita, oke pada kesempatan yang sedikit panas ini cuacanya saya akan membagikan tips yang mungkin sobat belum ketahui yaitu google code ya begitulah namanya, dan sebelum saya lanjutkan boleh dilihat artikel sebelumnya tentang Cara Menampilkan Widget Followers Yang Hilang Di Blog dan cara menghapus widget yang tidak bisa dihapus

oke kita lanjut, apa sih google kode itu? google code adalah open source yang digunakan untuk mengatur script-script long guna keperluan penyingkat code, misal jika sobat punya kode panjang atau script panjang maka dengan adanya google kode script yang panjang bisa di perkecil dan tentunya akan memperingan berat loading blog, nah jika sobat kebetulan baca artikel ini google kode ini biasa digunakan oleh para ahli merakit template, fakar blog, fakar seo ataupun pembuat jasa web, dll mungkin itulah penjelasannya menurut referensi saya, untuk contohnya misal seperti ini:

<script language='javascript'>
function Barva(koda)
{
document.getElementById(&quot;vzorec&quot;).bgColor=koda;
document.hcc.barva.value=koda.toUpperCase();
document.hcc.barva.select();
}
function BarvaDruga(koda)
{
document.getElementById(&quot;vzorec2&quot;).bgColor=koda;
document.hcc.Barva2.value=koda.toUpperCase();
document.hcc.Barva2.select();
}
</script>
Nah contoh kode script diatas adalah script sederhana tetapi masih terpibalng cukup panjang jika harus langsung dipasangkan pada blog sobat.

Bagaimana cara mengataurnya gampang saja silahkan copas kode scriptnya yang diatas lau buka notepad anda, caranya beri nama file tersebut dengan akhiran js jadi seperti ini contohnyablogseotutorial.js untuk cara mengatur di notepadnya silahkan lihat contoh gambar dibawah ini:


Lihat gambar diatas silahkan klik gambar untuk memperjelasnya:
-Filename beri akhiran (titik) js contoh diatas seperti ini: blogseotutorial.js
-Save an type pilih yang all files
-Encoding pilih yang ANSI lalu save dan hasilnya seharusnya seperti pada gambar dibawah ini:


lihat hasilnya hasil notepad tadi yang dikasih panah biru diatas berikut. setelah anda berhasil membuatnya yang harus sobat lakukan adalah melakukan registrasi ke google codenya untuk caranya silahkan kunjungi situsnya disini http://code.google.com/hosting/ maka anda akan dibawa masuk seperti pada gambar dibawah ini:

1.Silahkan klik create a new project.



2.Kemudian akan masuk pada gambar seperti dibawah ini:


Lihat gambar diatas ini:
-Project name:=contoh blog-seo-tutorial
-Project summary=contoh javascript
-desciption=contoh javascrip loading blog
-Version control system=contoh mercurial
-Source code licence= contoh GNU GPL v3
-Project label= contoh blogging, tutorial, blogger
jika sudah beres klik create project.

3.Selanjutnya anda akan disuguhkan gambar dibawah ini, jika anda ingin menggugah javascript yang contohnya diatas sudah saya berikan. klik pada opsi download.




4.Untuk selanjutnya silahkan anda akan masuk pada gambar dibawah berikut.


silahkan gambar diatas, silahkan isi data-data yang diperlukannya untuk contohnya bisa lihat diatas berikut, dan file.....bal...bal.... browser silahkan cari dimana file js anda yang dinotepad tadi misal punya saya blogseotutorial.js jika sudah beres mengisi data-datanya silahkan klik submit file, dan anda akan dibawa pada gambar dibawah ini:



Silahkan lihat gambar diatas berikut caranya klik kanan pada file js'nya dan pilih copy location atau anda juga bisa klik lagi tuh files jsnya maka akan bertemu seperti gambar dibawah ini:



lanjut lagi klik kanan dan copy location linknya, biar anda tahu linknya seperti apa copy saja copy locationnya di notepad juga. maka linknya seharusnya menjadi seperti ini:
http://blog-seo-tutorial.googlecode.com/files/blogseotutorial.js
dan jika kita masukan ke js buat template blog nanti akan seperti ini:
<script src="http://blog-seo-tutorial.googlecode.com/files/blogseotutorial.js" type="text/javascript"/>

jadi kode inilah yang nantinya harus sobat pasang pada blog sendiri karena jika scriptnya hanya cuma milik sobat sudah pasti loading blog sobat pun akan semakin ringan, sekali lagi kode seperti inilah yang biasa anda temukan, betul gak?
<script src="http://blog-seo-tutorial.googlecode.com/files/blogseotutorial.js" type="text/javascript"/>

Nah jika google js'nya sudah milik anda sudah pasti ringan blog pun akan terasa, ilustrasinya begini, biasanya google code terpasang pada peracik-peracik template berbeda lagi jika anda sendiri yang membuatnya, karena jika banyak template yang sama memakainya, dalam artian jika suatu template yang sama persis dibuka dalam waktu bersamaan maka secara signifikan loading blogpun akan terbagi dengan yang lainnya, jadi intinya untuk meringankan berat blog saja,

 jika anda bertanya apakah blog saya menggunakan js sendiri semuanya, saya jawab tidak. karena saya menghargai sipembuat templatenya, saya akui alaupun saya sudah bisa membuat template yang pasti template ini tidak bisa di ganti dulu, dan rencana template hasil racikan sendiri akan saya bagikan buat rekan-rekan semuanya yang tentunya keren dan seo friendly, jika anda menemukan download kumpulan template itu adalah milik orang lain yang sengaja saya share ulang disini. jadi tunggu saja ya template hasil racikan saya nanti.

Apakah tutorial google code ini bikin pusing anda, ya sama saya juga pusing bikin artikelnya karena harus tepat menyampaikannya. jadi artikel ini akan saya sambung selanjutnya bagaimana cara menerapkannya di template dan bagaimana cara menggunakan google code orang lain agar menjadi milik sendiri jadi tunggu saja ya.

Oke itulah pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Google Code Untuk Keperluan Kode-Kode Javascript, dan atas kunjungannya dan kesediannya ke blog newbie ini saya sebagai blogger pemula mengucapkan terioma kasih

Related Posts: